Text widget

"..Selamat Datang diBlog saya.."

Sabtu, 30 Oktober 2010

6 tips rileks dalam sekejap

Di jaman sekarang ini stress merupakan sesuatu yang biasa bagi sebagian orang dalam menjalani berbagai macam aktivitasnya. Tanpa kita sadari strees bisa timbul dari seuah masalah kecil seperti halnya lupa menyimpan berkas tugas, hidung tersumbat, susah tidur. Dan masih banyak lagi hal yang bisa membuat kita strees.
Untuk meredakan gejala strees tersebut , biasanya kalau saya pergi ke tukang pijat untuk memijat tubuh saya agar bisa kembali rileks. Tapi itu butuh waktu dan meraup kocek yang cukup besar. Maka dari itu saya terus mempelajari tubuh saya ini agar tetap rileks tanpa membutuhkan waktu yang banyak dan tidak pula mengeluarkan biaya alias gratis. Nah berikut ini saya akan sedikit berbagi ilmu agar kita tetap rileks dalam menghadapi aktifitas kita yang padat.
1. Menghirup udara (bernafas)
Tanpa kita sadari menghirup udara atau bernafas juga bisa merileks kan tubuh kita dalam sesaat. Dimanapun anda berada, entah itu di mobil dalam keadaan macet yang luar biasa, menunggu antrian yang panjang, atau menunggu giliran dipanggil untuk berpidato di depan orang banyak, cobalah tarik nafas anda dalam – dalam secara perlahan dan pastikan oksigen benar-benar mengisi ke dalam perut tahan sejenak dan lepaskan perlahan – lahan nafas anda. Ulangi beberapa kali. Terapi rileks yang sangat simple ini bisa mengosongkan pikiran anda dan menenangkan system yang bekerja dalam tubuh kita.
2. Minum teh
Kita mungkin sudah tahu bahwa teh mengandung antioksidant di dalamnya. Tapi bukan hanya itu yang kita kejar di sini. Santai dan rilexs kan lah tubuh anda dengan ditemani secangkir the hangat. Hirup lah uap teh tersebut dan rasakanlah kehangattannya.
3. Music
Mendengarkan music favorit anda bisa memberikan keajaiban tersendiri bagi mood anda. Pilih lah music yang anda suka dan sesuai dengan suasana hati anda. Saya yakin itu bisa membuat hidup anda lebih rilexs dan semangat dalam menghadapi hidup.musik itu sendiri juga diyakini mampu merangsang rasa bahagia yang dikirimkann oleh otak. Itu lah sebabnya music sering dipakai sebagai terapi relaksasi.
4. Membuat catatan
Luangkan waktu beberapa menit untuk membuat catatan .catat lah semua hal yang menjadi kecemasan dan kekhawatiran anda. Dengan mencatat semuanya saja akan membuat anda merasa lebih ringan dan lebih focus untuk mencari solusinya.
5. Stretching
Hal ini sangat mudah untuk kita lakukan kapan dan dimana saja kita berada. Lakukan lah peregangan ringan seerti berdiri tegak kemudian genggamlah kedua tangan di belakang punggung dan meregangkan otot-otot bahu dan punggung atas. Kemudian rengangkan lah leher perlahan-lahn dan putarlah secara pelan – pelan.
6. Mengkompres wajah
Mengkompres wajah kita dengan air hangat setelah seharian bekerja bisa sangat merelaksasikan tubuh kita. Ada cara lain selain mengkompresnya dengan air hangat. Bisa juga kita ganti dengan menguapkan wajah kita di bawah air panas. Campur lah air panas tersebut dengan daun-daunan alami seperti mawar,melati ataupun teh. Selai bisa merelaksasikan tubuh hal itu juga bisa membuat kulit wajah kita kencang dan menghilangkan bakteri di wajah.
Nah kira – kira apa ni diantara kegiatan di atas yang akan anda lakukan untuk menghilangkan stresss dan untuk bersantai. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar